Monday, November 29, 2010

Memulai bisnis dari Hobi


Hobi  merupakan suatu kegemaran seseorang akan suatu hal. Nah taukah anda bahwa hobi bisa mendatangkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Banyak pengusaha sukses yang membangun bisnis berdasarkan hobi semata. Jadi jika anda memilik hobi, cobalah untuk anda kembangkan secara mahir atau expert sehingga nantinya akan berguna bagi anda. Nah, untuk itu perlunya suatu latihan yang terus menerus dan tekun serta kerja keras guna menumbuhkan kemahiran anda.

Hobi, dari hobi banyak bisnis yang bisa di jalankan dan mendatangkan sukses. Contohnya orang yang hobi akan tanaman hias, maka hobi ini dapat dikembangkan berupa berjualan tanaman hias, menjadi perangkai bunga dll. Jika anda hobi akan music, mungkin anda bisa mendirikan studio musik, atau bahkan anda dapat memiliki pabrik pembuatan alat musik. Ada lagi jika punya hobi berkebun, mungkin anda dapat membangun bisnis perkebunan, agro wisata dan lain-lain. Intinya adalah cobalah membangun bisnis dari hal-hal yang anda sukai. Walaupun usaha tersebut gagal, tapi kan minat saudara akan terpenuhi/terlampiaskan.

Banyak banget contoh pengusaha indonesia yang sukses gara-gara hobi semata. Seperti bob sadino, beliau punya minat yang besar di bidang pertanian. Hal ini terbukti oleh profesi yang menguntungkan di masa lalu dia tinggalkan, lalu dia memilih berjualan telur ayam, dll. Contoh lainnya adalah Dahlan Iskan, dahlan iskan dulunya anak keluarga tidak punya, tapi kini asetnya di Jawa pos dan puluuhan surat kabar lainnya telah mengantar Dahlan iskan menjadi sukses. Kesuksesan tersebut bermula saat hobinya terhadap dunia tulis-menulis. Jadi apa lagi yang anda tunggu?mulailah bisnis dari hobi sekarang juga, njangan perah takut mencoba.

No comments:

Post a Comment