Thursday, January 6, 2011

penyebab bisnis baru gagal


Kegagalan adalah sebuah hal yang menjadi momok bagi orang yang ingin berusaha, tidak terkecuali pada bisnis. Kini, bisnis sedang berkembang pesat di Indonesia, baik itu orang tua, maupun remaja. Kalau anda ingin sukses finansial, memang bisnis lah jalan yang banyak ditempuh dan memang terbukti. Namun, saat anda ingin membuka suatu bisnis baru, anda sebaiknya hati-hati, jangan terlalu gergabah, dan mantapkan dulu pola pikir anda atau anda akan gagal dalam memulai bisnis baru.
Berikut ini adalah  beberapa penyebab mengapa bisnis baru yang anda rintis gagal. Sebaiknya anda pelajari baik-baik.
Tidak melakukan survei pasar

Misalnya, Anda ingin membuka resto burger atau resto donat, dan Anda sudah menghitung besaran modalnya. Namun, Anda tidak menyadari bahwa bisnis burger dan donat sudah mulai jenuh, dan Anda memilih area dimana sudah banyak resto donat atau burger di sana. Sehingga, ketika Anda ingin masuk, persaingan cukup tajam dan Anda kesulitan mendapatkan pengunjung. Hal ini adalah suatu kesalahan yang membuat Anda gagal sejak awal. Jika Anda memang ingin membuka resto, pilihlah jenis makanan yang belum ada di area tersebut. Atau, pilihlah produk atau jasa yang memang dibutuhkan warga di area tertentu. Jauh lebih mudah memuaskan kebutuhan konsumen daripada menciptakan satu produk dan berusaha meyakinkan orang untuk menggunakan uangnya untuk membeli.

Business plan Anda bermasalah

Business plan yang tersusun secara realistis merupakan dasar dari bisnis yang sukses. Dalam business plan, Anda harus menentukan tujuan yang realistis dari bisnis Anda, bagaimana cara Anda mencapai tujuan tersebut, adakah ancaman terjadinya masalah, dan bagaimana solusinya. Perencanaan ini akan membuat Anda tahu apakah diperlukan riset atau survei untuk mengetahui peluang pasar, juga biaya-biaya dan masukan-masukan yang diperlukan untuk bisnis Anda. Termasuk, bagaimana strategi dan perencanaan waktu harus diimplementasikan.


Kekurangan modal

Ketika bisnis tidak berjalan sesuai keinginan Anda, sebagian modal Anda sudah terpakai sementara prospeknya kurang menjanjikan, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal lagi. Sejak awal sebaiknya Anda bersikap realistis, dan jalankan bisnis Anda dengan kecukupan modal yang akan bertahan hingga bisnis Anda berjalan dengan stabil (dan menghasilkan pemasukan). 


Pilihan lokasi dan pemasaran yang kurang baik

Pilihan lokasi yang buruk, misalnya restoran atau toko buku Anda berada di jalan sempit yang menyulitkan kendaraan untuk parkir. Hal ini sama bahayanya dengan pemilihan layout iklan produk Anda di internet. Posisi iklan tersebut sama pentingnya dengan memilih lokasi toko di kawasan belanja. Pemasaran secara online harus mengutamakan aspek ketersediaan dan keterlihatan, agar calon pembeli atau mitra kerja bisa melihat produk Anda dengan jelas.

Mudah puas

Begitu Anda menyusun perencanaan, jalankan bisnis Anda, dan raih basis pelanggan. Jangan langsung merasa puas dengan pencapaian Anda. Selalu monitor pasar, dan kenali kapan Anda harus mengubah business plan. Ketika bisnis mulai berkembang, Anda akan mendapatkan banyak waktu untuk menyesuaikan strategi sehingga Anda bisa tetap sukses. Bila kompetitor menghadang bisnis Anda, segera pikirkan untuk melakukan variasi produk atau membuat perubahan lain.

Terlalu cepat berekspansi

Setelah bisnis Anda mulai stabil dan mendatangkan keuntungan, kini waktunya untuk berekspansi. Namun, Anda perlu memperlakukan masalah perluasan bisnis ini seolah Anda sedang mengawali bisnis baru. Jika Anda ingin memperluas jangkauan, tentukan lokasi strategis, dan siapa calon konsumen Anda di wilayah tersebut. Kalau Anda ingin mengembangkan cakupan dan fokus dari bisnis Anda, pastikan Anda memahami produk-produk, layanan, dan konsumen baru Anda, seperti yang Anda lakukan terhadap bisnis Anda yang sudah berjalan. Bisnis yang terlalu cepat diekspansi dan tidak didukung dengan riset, strategi, dan perencanaan yang matang, bukan tak mungkin hanya akan menggerogoti keuangan Anda.

Tidak Tahan Banting

pembisnis, atau produsen wajib memiliki sifat tahan banting. kadang kala suatu bisnis tidak hanya naik, tapi juga akan turun. nah pada kondisi turun inilah sifat tahan banting diperlukan. hal ini sangat menentukan sukses tidaknya orang dalam berbisnis.

Ingin Merasakan Kesenangan

nah, berbeda saat turun, saat naikpun anda akan dicoba. ya, ingin cepat-cepat meraskan kesenangan dari bisnis yang anda eluti harusnya diwaspadai. jangan beli ini beli itu bila anda mendapat untung. anda harus berhemat dan mengembangkan bisnis anda dengan keuntungan yang anda peroleh. menunda kesenangan istilahnya.

sumber : kompas.com, Tiyangkayunan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment